Mazda & Fiat Duet Rancang New MX-5

TOKYO – Mazda dan Fiat sepakat bekerja sama mengembangkan dan memproduksi varian roadster baru. Duet baru ini bertujuan untuk merancang generasi terbaru dari Mazda MX-5 dan Alfa Romeo dengan sistem penggerak roda belakang.

Kubu Mazda dan Fiat memberikan pernyataan langsung mengenai rencana ini. Dalam pernyataannya tersebut, pabrikan asal Jepang dan Italia ini mengatakan akan merancang mobil roadster, ringan dengan menonjolkan ciri khas dari Mazda dan Fiat, serta berpenggerak roda belakang.

"Mazda dan Alfa Romeo memiliki masing-masing varian yang keduanya didukung oleh mesin yang unik. Membangun teknologi dan aliansi pengembangan produk adalah salah satu tujuan kerja sama ini dan menjadi langkah awal yang penting," jelas CEO Mazda Takashi Yamanouchi seperti dilansir Autocar, Rabu (23/5/2012).

Mobil ini akan diproduksi di pabrik perakitan Mazda di Hiroshima, Jepang. Mazda belum mengkonfirmasi tanggal produksi, namun diharapkan dimulai pada 2014. Sedangkan Alfa mengatakan mereka akan mulai memproduksi mulai tahun 2015.

"Kesepakatan ini menunjukkan komitmen kami mengembangkan Alfa Romeo, dan tekad kami tumbuh menjadi merek global.

Mazda punya keunggulan membangun mobil ringkas dan model roadster yang menjadi tradisi Alfa Romeo,” jelas CEO Fiat Sergio Marchionne.

Perjanjian tersebut akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman. Kesepakatan akhir rencananya dirampungkan pada akhir 2012. Mazda dan Fiat juga telah sepakat membahas peluang bekerja sama di Eropa.
(zwr)


Sumber : okezone.com

No comments:

Theme images by centauria. Powered by Blogger.