Kurangi Kecelakaan, Malaysia Pasang Pembatas Jalan Tol dari Tong

Kuala Lumpur - Untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan tol, Pemerintah Malaysia sedang menguji coba sebuah pembatas yang berbentuk seperti tong dan bisa memutar di Jalan Bandara Subang menuju jalan tol Federal.

Pembatas keamanan tersebut dipasang sepanjang 100 m pada 7 Desember 2016 lalu dan sudah menjadi pemandangan umum disana.

Ide tersebut muncul pertama kali dari Kementerian Pekerjaan Malaysia pada Oktober dan pembatas tersebut disuplai dari Korea Selatan, ETI. Pembatas tersebut terdiri dari pipa baja dan terdapat sebuah tong plastik di tengahnya. Peran tong-tong tersebut berperan untuk menyerap energi tumbukan saat terjadi tabrakan dan mendorong kembali mobil ke jalan.

Dilansir paultan, Selasa (3/1/2016), Kementerian Pekerjaan Malaysia menyebut ujicoba tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan di jalan. Lokasinya dipilih karena banyak terjadi kecelakaan di sana.

"Kami akan memantau keefektifan dari pembatas tong tersebut selama tiga bulan dan menyiapkan hasil ujicobanya. Sejauh ini belum ada kecelakaan terjadi semenjak pembatas tersebut dipasang," kata Menteri Pekerjaan Malaysia, Datuk Seri Fadillah Yusof.

Tak hanya itu, Fadillah juga berencana untuk mengupgrade pembatas tersebut sehingga kendaraan yang memiliki berat hingga 3,5 ton.

"Kami mau meminimalisir kematian di jalan tol akibat kecelakaan. Kami akan mencoba teknologi baru untuk mengurangi angka kecelakaan," kata Fadillah.

Sumber : detik

No comments:

Theme images by centauria. Powered by Blogger.